KMD Kapuas Hulu Dibuka Kadisdik

BUKA KMD KAPUAS HULU: Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat didampingiSuriadi, S.PdKorwilBidang Pendidikan Kapuas Hulu dan UnsurTripikasetempatmembuka Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka se Kwaran Kapuas Hulu, Minggu (30/1) pagi di Aula SMAN1 Kapuas Hulu di Sungai Hanyo.

KUALA KAPUAS – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas (Kakwarcab) Dr. H. Suwarno Muriyat kembali membuka Kursus Mahir Dasar (KMD) yang diikuti Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru se Kecamatan Kapuas Hulu, Minggu (30/1) pagi bertempat di Aula SMAN 1 Kapuas Hulu Tengah Sungai Hanyo.

Menariknya pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gandang dan garantung oleh Kakwarcab dan Korwil Bidang Pendidikan Suriadi, S.Pd, lagu Karungut oleh sejumlah siswa SMAN setempat dan Manasai bersama menyebabkan suasana ruang kursus semakin meriah.

H. Suwarno Muriyat yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kapuas dihadapan Tripika Kapuas Hulu selaku unsur Majelis Pembimbing Ranting, Kades Sei Hanyo, Pelatih dari Pusdiklatcab Gunung Mas dan Kapuas, Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus dan peserta menyampaikan terima kasihnya atas kesediaan dan kerjasamanya sehingga KMD keenambelas dapat terlaksana.

“Pramuka harus menjadi teladan dalam penerapan protokol kesehatan 5M dan mengajak sebanyak mungkin kerabatnya untuk divaksinasi termasuk yang kini sedang dilaksanakan untuk usia 6-11 tahun.

KMD terpadu yang akan dilaksanakan merupakan amanah dari UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebgai Ekstrakurikuler Wajib jenjang Dikdasmen serta upaya mempercepat pencapaian tujuan Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas,” ucap Kakwarcab.

Ia juga menjelaskan tentang tiga sikap dasar suku Dayak Ngaju dalam menjalani pilihan kehidupannya, baik terhadap Tuhan, unsur gaib, tumbuhan, hewan dan sesama manusia. “Melalui Pendidikan dan Kepramukaan ketiga sikap dasar yakni; sembah, hormat dan sopan kita jadikan sebagai karakter peserta didik dalam Profil Pelajar Pancasila.

Saya juga mengajak para guru untuk mengikuti dan menyukseskan Program; Sekolah Penggerak, Guru Penggerak dan Organisasi Penggerak sehingga mampu menyelenggarakan filososi Ki Hajar (kita harus belajar) serta Merdeka Belajar yang dikaitakn dengan empat kompetensi guru (pedagodi, sosial, kepribadian dan profesional) dalam pembelajaran berbasis digital, berkolaborasi dengan Pelatih dari Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kapuas,” tegas H. Suwarno Muriyat

Sebelumnya, Ketua Panitia Erman Waluyo, S.Pd yang didampingi Ketua Kwartir Ranting Kapuas Hulu Isnaini, S.Pd melaporkan KMD yang akan berlangsung selama lima hari itu diikuti 30 peserta.

“Seluruh peserta adalah Kepala Sekolah dan Guru SD, SMP dan SMA sederajat se Kecamatan Kapuas Hulu. Adapun anggaran KMD swadaya peserta yang berpangkalan di sekolah. Harapan kami kedepan akan mampu menjadi Pembina Pramuka  yang handal,”lapornya

Sementara itu Kapusdiklatcab Sri Candra Nilawati, S.Pd didampingi Pimpinan Kursus H. Agon Ilas,M,Pdmengutarakan jika KMD kali ini berkolaborasi antara Pelatih dari Pusdiklatcab Gunung Mas dan Kapuas dan Komunitas Guru Penggerak sekaligus sebagai Pelatih Pendamping. “Waktu pelaksanaan hingga malam hari guna tercapainya penyampaian materiberdasarkan silabus yang telah ditetapkan Pusdiklatnas juga filosofi Merdeka Belajar yang diaplikasikan secara teori dan praktik lapangan,” pungkasnya. (hmsddk)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
WhatsApp