Pembina dan Anggota Pramuka Kapuas Diedukasi Pencegahan Covid 19 dan Stunting

Foto Bersama – Anggota Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah Ir H Darliansjah MSi bersama Ketua Kwarcab Kapuas Dr H Suwarno Muriyat saat berfoto bersama pada kegiatan Edukasi Pencegahan Transmisi Covid 19 dan Pencegahan Stunting, Minggu (22/11/20) pagi di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas.

Pembina dan Anggota Pramuka Kapuas Diedukasi Pencegahan Covid 19 dan Stunting

KUALA KAPUAS – Kwartir Daerah Gerakan (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah secara serentak Minggu (22/11) pada 14 Kabupaten/Kota lakukan Edukasi Pecegahan Transmisi Covid-19 dan Pencegahan Stunting.

Seperti halnya Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas mengikutsertakan sebanyak 50 peserta terdiri dari Andalan Cabang, Ranting, Pembina dan Anggota Gugusdepan sekitar Kota Kuala Kapuas dengan narasumber Dokter Try Setyautami MPHM dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Yulistra Ivo Azhari dalam sambutan tertulis yang dibacakan Ir H Darliansjah MSi di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, bahwa edukasi Pencegahan Transmisi Covid 19 dan Pencegahan Stunting serentak se Kalimantan Tengah merupakan bagian dari program kerja Kwarda. Ia juga mengharapkan melalui edukasi ini semakin meningkatkan kedisiplinan dalam mentaati protokol kesehatan terlebih ditengah pandemi Covid 19.

“Mari kita lebih peduli dan berperan aktif dalam pecegahan Covid 19, mulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan masyarakat, demikian pula dengan stunting. Kekurangan gizi dapat menyebabkan keterlambatan dalam tumbuh kembang anak-anak. Jadikanlah kegiatan ini sebagai bekal bagi peserta dalam mensosialisasikan pencegahan covid maupun menekan angka stunting” ucap H Darliansjah

Dalam kesempatan itu Kwarda Kalteng menyerahkan dua unit tenda pleton dan empat tenda regu yang diterima Ketua Kwarcab Kapuas seraya berharap agar dimanfaatkan demi kelancaran kegiatan Gerakan Pramuka.

Sementara itu H Suwarno Muriyat selaku Ketua Kwarcab Kapuas menyampaikan, seluruh peserta edukasi nantinya menjadi duta informasi dan perubahan kepada Adaptasi Kebiasaan Baru dalam masa transmisi covid-19 serta pencegahan stunting.

Ketua Kwarcab Kapuas yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas itu mengungkapkan bahwa covid-19 dan stunting harus menjadi prioritas, karena menurutnya tumbuh kembang anak sebagai pembentuk generasi bangsa yang berkualitas.

“Tumbuh kembang pada anak adalah hal penting oleh sebab itu mari kita bersama-sama mulai dari diri sendiri dan mengajak orang di lingkungan kita untuk memperhatikan asupan gizi dan menjaga kesehatan,” ucapnya.

Terkait Covid 19 Dr H Suwarno juga menambahkan jika Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas telah melaksanakan pembagian masker dan mengedukasi 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak bahkan ia menambahkan ada 4M yakni menjaga imunitas tubuh sembari mengucapkan terimakasih kepada Kwarda Kalimantan tengah yang telah memberikan bantuan tenda pleton dan regu.

Masih ditempat yang sama Dokter Try Setyautami secara rinci menguraikan berbagai upaya pencegahan agar Covid-19 tidak semakin mewabah. Demikian pula pentingnya menjaga asupan gizi bagi ibu, bayi dan anak-anak agar terjadi pertumbuhan perkembangan maksimal dalam 1000 hari pertama kelahiran anak sebagai upaya pencegahan stunting (hmsddk)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
WhatsApp