17 Kecamatan di Kapuas Selesai Orientasi Kamabigus

17 Kecamatan di Kapuas Selesai Orientasi Kamabigus

KUALA KAPUAS  – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pendidikan bersama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan Saka Widya Budaya Bakti Kapuas menyelenggarakan Orientasi Peran Kepala Sekolah (Kepsek) selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) secara bergelombang (tahap) untuk tiap Kecamatan.

Akhir pekan lalu orientasi ini selesai dilaksanakan  untuk 17 Kecamatan. Gelombang 6 bertempat di Timpah, Jumat (25/9) diikuti Kepala TK/Paud, SD, SMP dan SMA sebagai peserta dari Timpah dan Mantangai bagian hulu. Adapun gelombang 7 Sabtu (26/9) di Pujon bergabung peserta dari Kecamatan Kapuas Tengah dan Pasak Talawang.

Orientasi yang berlangsung penuh semangat dan kehangatan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat ini dihadiri pula Camat Timpah Yubderi, Camat Kapuas Tengah Dodo dan Camat Pasak Talawang Mises unsur Tripika dan Korwil Bidang Pendidikan dari empat Kecamatan.

Kepala Dinas Pendidikan yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas Dr H Suwarno Muriyat saat membuka sekaligus sebagai pemateri menerangkan bahwa Pelaksanaan Orientasi Peran Kepala Sekolah sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) sejalan dengan Permendikbud 63 Tahun 2014 serta Program Pendidikan Hebat, Kapuas Cerdas.

H Suwarno mengharapkan seluruh Kepala Sekolah dan Guru harus memiliki target dalam pembinaan dan pengembangan stakeholder yang ada di sekolah masing-masing.

“Saya harapkan setelah kegiatan ini semua peserta menyusun dan melaksanakan program serta kegiatan setiap sekolah kearah yang lebih baik. Segeralah menyusun Rencana Tindak Lanjut dan melaksanakannya, sebab Bapak dan Ibu Kepala Sekolah adalah Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan di Sekolah,” ucapnya.

Sementara Ketua Pelaksana Marce yang juga Kabid Paud Dikmas melaporkan, tujuan orientasi memberi bekal kepada Kepala Sekolah agar memahami tugas dan fungsi Ketua Mabigus dalam mengelola dan mengkoordinir pendidikan kepramukaan. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan di Timpah (gelombang 6) Kecamatan Timpah dan Mantangai bagian hulu sebanyak 120 peserta dan untuk Kecamatan Kapuas Tengah dan Pasak Talawang (gelombang 7) di Pujon sebanyak 120 Kepaka TK/Paud, SD, SMP dan SMA.

Sementara itu Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklatcab) Kapuas Sri Candra Nilawati bersama Pelatih: Agon, Haris Fadilah, Radiansyah, Mulyadi, Anang Fay, Ratu MW, Ketut Witra dan Asep Saefudin secara makaimal memberi bekal yang cukup kepada peserta orientasi. “Harapan kami kedepan kegiatan kepramukaan di sekolah mampu menbentuk karakter peserta didik serta adanya Kursus Mahir Dasar bagi Guru selaku Pembina Pramuka” pintanya (hmsdsdk)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
WhatsApp