Kakwarcab Lantik Mabiran, Kwaran dan Buka KMD Kapuas Tengah

PELANTIKAN MABIRAN DAN KMD PRAMUKA: Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat melantik Camat Kapuas Tengah Mises, S.STP. M.Si sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting dan Oyeng, S.Pd jabat Ketua Kwartir Ranting beserta Andalan Ranting juga membuka KMD Pramuka se Kwaran Kapuas Tengah, Jum’at (14/1) siang di Aula SMPN1 Kapuas Tengah

Kakwarcab Lantik Mabiran, Kwaran dan Buka KMD Kapuas Tengah

KUALA KAPUAS – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas (Kakwarcab) Dr. H. Suwarno Muriyat kembali melantik Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwartir Ranting (Kwaran) serta membuka Kursus Mahir Daear (KMD) se Kecamatan Kapuas Tengah, Jum’at (14/1) siang di Aula SMPN 1 Kapuas Tengah Pujon.

Camat Kapuas Tengah Mises dipercaya sebagai Ketua Mabiran setempat berikut Danramil, Kapolsek, Kepala KUA dan tokoh masyarakat sebagai Anggota. Adapun Sudata, S.Pd Korwil Bidang Bidang Pendidikan jabat Sekretaris Mabiran berikut Oyeng,S.Pd sebagai Ketua Kwaran yang dilengkapi Andalan Ranting dan Dewan Kerja Ranting Kapuas Tengah.

H. Suwarno Muriyat yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, kembali menyampaikan salam dan pesan dari Kamabicab Kapuas Ir.Ben Brahim S.Bahat MM MT bahwa masa pandemi sehingga menempatkan Pramuka menjadi Duta Perubahan Perilaku dengan peduli terhadap sesama manusia terutama yang mengalami musibah.

“Pramuka harus menjadi teladan dalam penerapan protokol kesehatan 5M dan mengajak sebanyak mungkin kerabatnya untuk divaksinasi termasuk yang kini sedang dilaksanakan untuk usia 6-11 tahun,” ucapnya

Alumni Program Doktor UN Malang tegaskan jika KMD terpadu Kapuas Tengah adalah pelaksanaan kelima belas dari 17 Kecamatan. “UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebgai Ekstrakurikuler Wajib jenjang Dikdasmen dan upya mempercepat pencapaian tujuan Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas.

Adapun keberadaan Komunitas Guru Penggerak dalam KMD guna menjelaskan filososi Merdeka Belajar yang dikaitakn dengan empat kompetensi guru yakni (pedagodi, sosial, kepribadian dan profesional) dalam pembelajaran berbasis digital, berkolaborasi dengan Pelatih dari Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kapuas,” tegas H. Suwarno Muriyat

Hal senada disampaikan Mises selaku Camat Kapuas Tengah menyatakan dukungannya terhadap berbagai kegiatan kepramukaan seraya mengajak seluruh stakeholder untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Sebelumnya, Mawartina selaku Ketua Panitia jika KMD yang akan berlangsung selama lima hari itu diikuti 63 peserta. “Seluruh peserta adalah Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru SD, SMP dan SMA sederajat se Kecamatan Kapuas Tengah.

Anggaran KMD selain bantuan dari sejumlah perusahaan juga swadaya peserta dengan harapan kedepan dapat menghidupkan Gudep yang berpangkalan di Sekolah,”lapornya

Sementara itu Kapusdiklatcab Sri Candra Nilawati, S.Pd didampingi Pimpinan Kursus Mudjiono, S,Pd. MA mengutarakan jika KMD kali ini menugaskan Para Pelatih dari Pusdiklatcab Pramuka Kapuas, diantaranya Haris Fadillah, Anang Fayruzi, Radiansyah, Muhammad Tito, MAS Muntoha, Sih Ngayomi, Asep Saefudin, Siger dan Ketut Witra sekaligus Pelatih Pendamping.

“Materi KMD berdasarkan silabus yang telah ditetapkan Pusdiklatnas yang diaplikasikan secara dan praktik lapangan juga penyampaian filosofi Merdeka Belajar Komunitas Guru Penggerak,” pungkasnya. (hmsddk)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
WhatsApp