Disdik Kapuas Gelar Rakor Dikmas

Rakor PKBM: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat S.Ag M.Pd didampingi Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas Marce S.Pd dan sejumlah Kasi memimpin Rapat Koordinasi Pendidikan Kemasyarakatan  agar semakin meningkatnya kualitas pendidikan di Kabupaten Kapuas, Kamis (14/01/21) pagi di Ruang Rapat 2 Disdik Kapuas

Disdik Kapuas Gelar Rakor Dikmas

Kuala Kapuas –  Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas akan terus meningkatkan Angka Partisipasi Murni (APM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK) dengan memaksimalkan peran Lembaga Pendidikan (Sekolah/Madrasah/PKBM) mencari/menyisir keberadaan anak usia sekolah agar terus melanjutkan studinya baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Pendidikan Kemasyarakatan (Rakor Dikmas) yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas dan diikuti sebanyak 20 Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang tersebar di 17 Kecamatan dan Forum Pendidikan Non Formal Se Kabupaten Kapuas, Kamis (14/1) pagi di ruang rapat 2 Disdik Kabupaten Kapuas.

“Sedikitnya ada empat agenda Rakor Dikmas sebagai fokus pembahasan dihari ini yang meliputi Peningkatan Peran PKBM dana Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas, Sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum, Program Kerja Kesetaraan dan Pelaporan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Kesetaraan.

Sepanjang tahun lalu (2020) sejumlah PKBM telah menoreh prestasi ada yang meraih akreditasi A, meluluskan warga belajar pendidikan kesetaraan yang berkualitas serta menyelenggarakan Pendidikan/pelatihan keterampilan menjahit, membuat makanan dan anyaman sebagai upaya peningkatan ekonomi rakyat” lapor Marce, Kabid Paud Dikmas.

Bahkan lapor Marce, Gebyar Kreativitas Berbasis Kearifan Lokal yang diikuti oleh PKBM dan Satuan Karya Pramuka (Saka) Widya Budaya Bakti (SWBB) akhir tahun lalu, akan lebih ditingkatkan lagi pelaksanaannya pada bulan Mei 2021 dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Masih ditempat yang sama, Kadisdik Kapuas Dr H Suwarno Muriyat yang langsung memimpin Rakor Dikmas 2021, menegaskan jika Satuan Pendidikan Non Formal SKB dan PKBM memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan kemasyarakatan. “Lulusan pendidikan formal atau non formal mempunyai kedudukan yang sama. AKM yang akan dimulai tahun 2021 harus menjadi perhatian utama bagi Ketua PKBM maupun Tutor sebagai pengajar pada pendidikan kesetaraan.

Kondisi pademi covid-19 yang masih mewabah harus kita sikapi dengan bijak sebab, kesehatan dan keselamatan peserta didik, dan kita semua merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pengelolaan pendidikan. Namun tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial juga menjadi pertimbangan dalam pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi Covid-19” ucap H Suwarno.

Kadisdik juga meminta kepada Pengelola PKBM untuk meningkatkan koordinasi dengan Bidang Paud dan Dikmas, Kepala Sekolah/Madrasah dan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan agar mampu meningkatkan perannya dalam mewujudkan program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas. “Menjadi kewajiban PKBM untuk menuntaskan studi anak dan remaja yang tidak dapat melanjutkan. Mungkin diantara mereka ada yang harus membantu ekonomi orang tuanya. Saya yakin melalui pendidikan kesetaraan problema mereka akan teratasi sehingga APK dan APM kita di Kabupaten Kapuas akan terus meningkat” pungkas H Suwarno Muriyat (hmsddk)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
WhatsApp