Disdik-Kadin Kapuas Bersinergi Bangun Jiwa Entrepreneurship Pelajar

Serahkan Buku PHKC: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat SAg MPd menyerahkan buku Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas kepada tamunya Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kapuas Supenpri SSos MA didampingi Pengurus Kadin Kabupaten Kapuas, Rabu (13/1) pagi di Disdik Kabupaten Kapuas

Disdik-Kadin Kapuas Bersinergi Bangun Jiwa Entrepreneurship Pelajar 

Kuala Kapuas – Kunjungan silaturahim Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kapuas Supenpri SSos MA beserta Jajaran ke Dinas Pendidikan, disambut hangat Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) H Suwarno Muriyat seraya menyerahkan buku Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas (PHKC), Rabu (13/1) pagi di ruang kerjanya.

Dialog yang berlangsung hampir satu jam itu menyepakati adanya sinergisitas antara Disdik dengan Kadin Kabupaten Kapuas berupa program Kadin Go to School.  “Program ini kami ambil contohnya dari Kadin Provinsi Kalimantan Tengah dimana mereka sudah melaksanakan dengan sasaran sekolah dan kampus. Sebagai permulaan program ini akan memotivasi anak-anak secara langsung ke berbagai sekolah terdekat dulu” jelas Supenpri.

Pemilik hotel Permata Inn Kapuas ini menambahkan bahwa organisasi yang dipimpinya itu akan membantu menanamkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) sehingga para pelajar di Kabupaten Kapuas dapat memanfaatkan waktu luang sambil belajar dan berusaha dari rumah dengan mempergunakan program aplikasi android lokal untuk jual beli online.

Sementara itu Kadisdik menyambut dengan baik jalinan kerjasama ini karena sejalan dengan salahsatu bagian dari program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas yakni peningkatan mutu lulusan, pelajar bukan hanya mempunyai nilai yang tinggi tetapi berkarakter, mandiri dan mampu meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

“Langkah awal dari sinergi Disdik-Kadin diakhir Januari 2021 akan dilaksanakan bimbingan pemanfaatan aplikasi android lokal jual beli online serta memperkenalkan cara membangun jiwa entrepreneurship dengan narasumber dari Kadin secara virtual” jelasnya.

Suwarno menambahkan, sebetulnya Disdik Kabupaten Kapuas telah memprogramkan “Market Day” dimana dalam waktu yang telah ditetapkan para siswa kelas akhir akan bertindak sebagai penjual selebihnya (guru, orang tua dan pelajar kelas rendah) adalah pembeli.

“Sehari sebelum pelaksanaan siswa dibantu oleh orang tuanya di rumah mempersiapkan barang dagangan atau hasil karyanya untuk dipasarkan. Kegiatan ini akan berdampak tumbuhnya jiwa usaha/entrepreneur para pelajar sekaligus meresapi bagaimana upaya/beratnya pengorbanan dari orang tua dalam mencari uang demia anak dan keluarganya. Harapan kita semua sehingga para pelajar akan lebih menghargai jerih payah orang tua serta menghemat uang belanja. Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas segera dapat terealisasi” jelas H Suwarno (hmsddk)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
WhatsApp