Disdik Kapuas Gelar Gebyar PNF-SWBB

Buka Gebyar Kreativitas Berbasis Kearifan Lokal : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat didampingi Sekretaris Disdik Yulianus B Aden beserta seluruh Kepala Bidang, Kasi dan Kasubbag membuka Gebyar Kreativitas Berbasis Kearifan Lokal Pendidikan Non Formal dan Saka Widya Budaya Bakti, Sabtu (5/12) pagi di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas

Disdik Kapuas Gelar Gebyar PNF-SWBB

Kuala Kapuas – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai penyelenggara Pendidikan Non Formal; Pendidikan Keaksaraan, Kesetaraan, PAUD, Play Group, TPA dan berbagai Kursus yang merupakan binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas selenggarakan Gebyar Kreativitas Berbasis Kearifan Lokal Pendidikan Non Formal (PNF) dan Saka Widya Budaya Bakti (SWBB), dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat SAg MPd Sabtu (5/12) pagi di Aula Disdik setempat

Kadisdik saat membuka kegiatan itu menyampaikan apresiasinya kepada Ketua, Tutor, Instruktur dan Pengelola PKBM serta SWBB, karena secara mandiri dapat menggelar lomba memasak bahan dasar klakai, mendongeng dan vocal solo untuk jenjang SLTP, SLTA dan PKBM selama sehari penuh sejak pagi hingga petang.

“Saya bangga kepada Bapak dan Ibu dari 20 PKBM yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Kapuas atas kerjasama yang tinggi bersama SWBB pada hari ini dapat menggelar Gebyar Kreativitas Berbasis Kearifan Lokal. Kegiatan ini merupakan awal pergerakan dari Pendidikan Non Formal guna mendukung pencapaian program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas. Sangat banyak kearifan lokal Kabupaten Kapuas yang harus kita jaga serta lestarikan. Mulai dari ragam kuliner, seni, budaya, adat istiadat, kerajinan tangan, bahasa daerah dan masih banyak lagi sebagai khazanah budaya nusantara tercinta.

Pendidikan Non Formal dan Saka Widya Budaya Budaya Bakti lebih fleksibel dalam merencanakan dan melaksanakan berbagai proses pembelajaran karena langsung bersentuhan dengan masyarakat luas. Mari kita bersinergi dengan lembaga penyelenggara Pendidikan Formal agar pencapaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kapuas yakni peningkatan kualitas dan kuantitas pendidik dan peserta didik baik melalui PKBM maupun Sekolah/Madrasah”ujar H Suwarno

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Efraim melaporkan jika Gebyar Kreativitas Berbasis Kearifan Lokal diikuti sebanyak 11 PKBM yang mengikuti lomba memasak secara berkelompok, lomba mendongeng dan vocal solo. Sedangkan untuk tingkat pelajar SLTP dan SLTA se Kabupaten Kapuas hanya mengikuti lomba mendongen cerita Rakyat Kalimantan Tengah.

Pembukaan gebyar yang diawali dengan persembahan tari tradisional peserta didik dari PKBM Mawar Merah Basarang ini juga unjuk kebolehan tiap Ketua PKBM berikut warga belajar serta santap bersama aneka masakan bahan dasar klakai serta aneka juhu (sayur) kandas/sambal dan menu tradisional Kalimantan Tengah.  

Sementara itu Ketua Tim Juri Lomba Sri Candra Nilawati yang juga Pengurus SWBB saat penutupan (sore) mengumumkan kejuaraan lomba memasak kategori PKBM juara pertama; Seroja, kedua Saka Batur dan juara ketiga Tunas Harapan serta harapan; satu Ayun Itah, kedua Sumber Sejahtera dan harapan ketiga Mawar Merah. Lomba vokal solo PKBM juara satu Anugerah, kedua Tunas Harapan, ketiga Seroja serta harapan satu Bubuhan Kita Anjir, diikuti Saka Batur dan Sumber Sejahtera. Juara pertama mendongeng diraih PKBM Seroja, diikuti Sumber Sejahtera dan Tunas Harapan serta juara harapan satu Mawar Merah.

Sementara juara pertama lomba mendongeng SLTP yakni SMPN 2 Basarang diikuti SMPN 2 Selat, juara ketiga SMPN 3 Kapuas Barat, harapan satu SMPN 2 Pulau Petak, SMPN 4 Bataguh harapan kedua dan SMPN 1 Tamban Catur harapan ketiga. Sedangkan lomba mendongeng SLTA tampil sebagai juara pertama SMKN 2 Kapuas, diikuti SMAN 2 Kapuas dan SMAN 1 Basarang serta harapan satu SMAN 1 Kapuas Murung, diikuti SMAN 1 Kapuas A dan harapan ketiga SMAN 1 Kapuas B. (hmsddk)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
WhatsApp

Copyright Themes © 2023