Bangun Budaya Literasi Pramuka Melalui Perpustakaan Keliling


Resmikan Perpustakaan Keliling : Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas Dr H Suwarno Muriyat didampingi Kepala Bidang Paud Dikmas Marce, Camat dan Unsur Tripika Kapuas Hulu serta Korwil Bidang Pendidikan Kapuas Hulu Suriadi meresmikan beroperasinya Perpustakaan Keliling Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kapuas Hulu Kamis (19/11) siang di halaman SDN 1 Sei Hanyo Kapuas Hulu.

Bangun Budaya Literasi Pramuka Melalui Perpustakaan Keliling

Kuala Kapuas – Disela kunjungan kerja mensosialisasikan program Pendidikan Hebat Kapuas, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dr H Suwarno Muriyat yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas melakukan peresmian Perpustakaan Keliling Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kapuas Hulu, Kamis (19/11) siang di halaman SDN 1 Sei Hanyo Kapuas Hulu

Kadisdik Kabupaten Kapuas yang didampingi Kabid Paud Dikmas Marce, Kabid Pembinaan SMP Agustin dan Koordinator Pengawas Rayano dihadapan Camat dan Tripika Kapuas Hulu serta Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kapuas Hulu Suriadi, Korwil Bidang Pendidikan Mandau Talawang Samuang serta Ketua, Andalan dan Dewan Kerja Ranting Kapuas Hulu menyampaikan rasa bangganya atas upaya Pramuka setempat dalam membudayakan Anggota maupun peserta didik untuk rajin membaca sebagai budaya literasi.

“Mari bersama kita dukung upaya Kwaran Gerakan Pramuka Kapuas Hulu memberikan layanan perpustakaan keliling kepada anak dan generasi muda yang berada jauh dari ibukota Kecamatan Kapuas Hulu sehingga mereka berkesempatan pula mendapatkan berbagai informasi ilmu, pengetahuan dan ketrampilan melalui membaca buku atau teknologi informatika system digital dalam tab. Kedepan para peserta didik akan dihadapkan pada sistem ujian yang berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, yakni melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berbasis digital, survey karakter dan analisis lingkungan belajar,” ucap H Suwarno.

Penyandang gelar Doktor Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang ini menambahkan tentang pentingnya menumbuhkan minat baca di kalangan generasi muda khususnya pelajar yang akan merasakan dan menghadapi bonus demografi. “Pelayanan perpustakaan keliling sebagai salahsatu usaha pengoptimalan kualitas membaca untuk menciptakan SDM Kapuas yang cerdas, unggul dan berkualitas,”pinta Suwarno.

Sebelumnya Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kapuas Hulu Isnaeni SPd melaporkan jika unit mobil perpustakaan keliling sebelumnya telah diujicoba operasi dengan meminjamkan beraneka buku maupun tablet edukasi kepada anak-anak diluar ibukota Kecamatan Kapuas Hulu. “Kami siap mendukung dan menyukseskan program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas, melalui perpustakaan keliling sebagai gerakan literasi dan digitalisasi pembelajaran,”pungkas Isnaeni. (hmsddk)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
WhatsApp